BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Keadaan
perekonomian yang tidak pasti di negara berkembang seperti Indonesia ini
membuat mata pencaharian masyarakat tidak stabil sehingga memaksa masyarakat
untuk lebih kreatif lagi dalam membuka
lapangan usaha atau membuka usaha sendiri untuk melangsungkan hidupnya sehingga
pengangguran tidak terlalu meningkat. Berbeda dengan di negara-negara maju
dimana masyarakat seperti kurang waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaannya.
Kesibukan aktivitas yang begitu padat kadang membuat orang menjadi stress untuk
berfikir lebih jernih dan tenang.
Keadaan
serupa juga dialami oleh mahasiswa yang sedang menjalani masa perkuliahan guna
untuk menambah wawasan dan ilmu yang dibutuhkan untuk masa depan.Sebagian
mahasiswa suka belajar dengan suasana yang tenang dan sederhana dan yang
pastinya sesuai dengan isi kantong mahasiswa.Tempat yang tenang dan suasana
yang nyaman serta difasilitasi makanan dan minuman ini merupakan hal yang
banyak disukai oleh mahasiswa apalagi mereka berada dalam masa kejenuhan dan
yang pasti mahasiswa butuh hiburan. Hingga diperlukan tempat-tempat yang begitu
tenang dan nyaman untuk menghapus semua kejenuhan dan tekanan hidup mereka. Sehingga
muncullah sebuah ide kami untuk mendirikan sebuah friends Caffe seperti apa yang diinginkan pelanggan. Konsep yang
akan saya terapkan adalah konsep perpaduan antara klasik dan modern sesuai
dengan perkembangan zaman. Perpaduan antara klasik dan modern diharapkan dapat
memberikan suasana yang baru dan menarik perhatian pelanggan untuk menikmati
suasana caffe tersebut.
Selain
itu caffe ini tidak hanya untuk
kalangan remaja atau mahasiswa saja , tetapi untuk semua tingkatan masyarakat
umum. Selain tempat yang nyaman bagi pengunjung, menu-menu yang variatif juga menjadi andalan sebuah caffe dengan sajian menu yang variatif
dan unik. Dengan berbagai jenis minuman diantaranya seperti minuman coffe, minuman coklat,dan beraneka ragam
jus buah. Namun minuman yang menjadi andalannya sebuah caffe biasanya adalah
aneka macam minuman coffe seperti Coffee Latte, Cappucino, Mochaccino dan lain
sebagainya. Istimewanya minuman berbahan kopi ini terletak pada kopinya. Karena
kopi yang dipilih adalah kopi Arabica dan Robusta yang masih berbentuk butiran
dan akan ditumbuk dengan menggunakan mesin khusus sebelum kopi disajikan
sebagai minuman. Tidak hanya itu di caffe ini tidak hanya menyediakan minuman
tetapi juga menyediakan berbagai jenis makanan ringan dan juga ice cream. Jenis makanannya antara lain steak, beef sosis, sandwich dan
sebagainya.Sudah dipastikan menu-menu
yang akan dinikmati mempunyai rasa
standar kelezatan yang sama bila diolah oleh karyawan caffe yang berbeda, karena caffe
ini mempunyai standart recipes dalam
setiap makanan yang dibuat. Untuk dapat menikmati berbagai hidangan lezat yang
variatif ini,menu-menu ini sangat
relatif terjangkau. Kemudian tata ruang caffe
ini dibangun gaya kuno dengan perpaduan beberapa sudut modern.
Di caffe ini terdapat tiga ruang yaitu ruang smoking, nonsmoking dan
ruangan library caffe jadi pengunjung
dapat memilihnya. Desainnya yang minimalis, tampak dari sofa dan beberapa
bangku biasa serta mini bar yang mengesankan suasana khas tradisonal modern.
Dengan demikian jika seseorang lebih berfikir kreatif dan inovatif dapat menciptakan
peluang usaha yang baru.Selain itu juga juga difasilitasi free wifi.
1.2 Tujuan
Secara
garis besar tujuan usaha caffe yaitu
:
1.
Akan melayani segmen
pasar masyarakat melalui makanan dan minuman yang disajikan dengan kualitas
baik, higienis, dan sehat yang memiliki gizi standar dan makanan kesehatan yang
dibutuhkan oleh setiap orang pada umumnya serta kebersihan sesuai dengan
perusahaan berorientasi konsumen.
2.
Pembukaan lapangan
kerja baru bagi masyarakat sekitarnya, terutama di kalangan ibu rumah tangga,
dan di antara mahasiswa atau siswa yang membutuhkan pekerjaan sempingan untuk
melanjutkan studi.
3.
Sebagai sarana
pengelolaan modal sumber daya yang bertujuan untuk medapatkan keuntungan.
4.
Menyediakan tempat makan dan tempat nongkrong
yang asik.
5.
Menyajikan menu makanan
dan minuman dengan cita rasa yang berbeda.
6.
Menyediakan tempat
belajar dengan suasana yang berbeda
BAB
II
PEMBAHASAN
Hal
pertama yang harus dilakukan adalah mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ).
Selanjutnya, lengkapi dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP ) untuk
diajukan ke dinas perizinan, baik di kecamatan, kabupaten maupun provinsi.
2.1 Gambaran Umum Pasar
a. Segmentasi
friends caffe diperuntukkan bagi para muda-mudi, yakni pelajar,
mahasiswa dan juga pekerja kantor, tapi tidak menutup kemungkinan untuk
masyarakat umum yang membutuhkan tempat refreshing
yang dapat sekaligus sebagai tempat
mengerjakan pekerjaan dengan suasana nyaman dan santai. friends caffe ini dilengkapi dengan
fasilitas free wifi, library cafe dengan beberapa paket menu makanan, live musik dan menyediakan ruang smoking dan nonsmoking.
b. Targetting
Target
konsumen friends caffe adalah para
anak muda, umumnya pelajar dan mahasiswa, pekerja kantor, termasuk juga
masyarakat umum.
c. Positioning
friends caffe
menawarkan pilihan menu minuman dan makanan
yang istimewa seperi minuman coffe
(Coffee Latte, black coffe, dan Mochaccino),
minuman coklat,dan beraneka ragam jus buah selain itu juga dilengkapi dengan
menu makanannya antara lain steak, beef
sosis, sandwich dan sebagainya yang
tidak kalah nikmat dengan harga yang terjangkau serta pelayanan yang mengutamakan kepuasan
pelanggan.
2.2 Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing
Strategi
pemasaran perusahaan dilakukan berdasarkan analisa 7P dengan alat analisis SWOT
yang terdiri atas :
1.
Product (Produk)
friends
caffe menyediakan berbagai produk minuman dan
makanan dengan rasa serta menu istimewa lainnya seperti : aneka juice buah, minuman hangat seperti coffe
& chocolate dengan berbagai rasa, macam-macam ice cream & kue, serta makanan dari makanan berat hingga
ke cemilan.
2.
Price (Harga)
Penentuan harga
dari friends caffe ditentukan dengan
menyesuaikan biaya-biaya yang akan dikeluarkan serta ditekan sedemikian rupa
dan juga disesuaikan dengan tingkat kemampuan rata-rata konsumen yang menjadi
target pasar kami, sehingga harganya dapat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.
Harga setiap produk pun bervariasi yaitu sebagai berikut:
A. Perhitungan harga jual untuk produk
Minuman
:
Coffe Mocha Rp.18.000,00
Coffe Mocha Rp.18.000,00
Coffe
Lattee
Rp.17.000,00
Black
Coffe
Rp.15.000,00
Jus Buah Rp. 12.000,00
Ice cream Rp. 15.000,00
Makanan
:
Sandwich. Rp. 21.000,00
Sandwich. Rp. 21.000,00
Beff
sosis. Rp. 15.000,00
Steak kentang Rp. 18.000,00
B. Perkiraan harga bahan baku(biaya tidak
tetap)
1. Buah Rp. 120.000,00
2. Sayuran Rp. 100.000,00
3. Susu Rp. 130.000,00
4. Kopi Rp. 200.000,00
5. Cream Rp. 75.000,00
6. Coklat Rp. 150.000,00
7. Gula Rp. 100.000,00
8. Sirup Rp. 110.000,00
9. Daging Rp. 250.000,00
10. Kentang Rp. 60.000,00
11. lain-lain Rp. 200.000,00
C. Biaya tetap
1. Gaji pegawai Rp. 5.000.000,00
2. Sewa tempat Rp. 1.500.000,00
3. Perawatan peralatan Rp. 200.000,00
4. Penyusutan alat listrik dan
telephone Rp. 300.000,00
5. Air Rp.
150.000,00
6. Lain-lain Rp. 500.000,00
Jadi,
total biaya keseluruhan Biaya tidak tetap di tambah biaya tetap :
Rp. 1.495.000,00+Rp. 7.650.000,00 =
Rp 9.145.000,00
Rp 9.145.000,00
3.
Promotion (Promosi)
Langkah –
langkah promosi untuk memperkenalkan cafe ini
dilakukan dengan cara :
1.Menyebarkan
brosur ke kantor, sekolah dan kampus.
2.Melalui
baliho dan poster-poster.
Pemasaran yang
dilakukan friends caffe untuk
sementara waktu hanya akan berpusat pada kota padang dan sekitarnya.
4.
Place (Lokasi)
Lokasi friends caffe terletak di jalan raya
lubuk begalung, yang merupakan jalan padat lalu lintas dan dekat dengan kampus UPI “YPTK” padang .
5.
Process (Proses)
Ada sejumlah
proses bisnis yang dilaksanakan oleh friends
caffe. Pihak eksternal yang terlibat dalam proses bisnis di friends caffe adalah :
a.Pelanggan (Customer).
Pelanggan friends caffe yang datang
untuk membeli produk dan mendapatkan pelayanan.
b.Pemasok (Supplier)
bahan baku, perlengkapan dan peralatan.
6.
Promise
friends caffe
berusaha menawarkan makanan dan minuman serta tempat refreshing yang dilengkapi
dengan fasilitas pendukung.
7.
People
Karyawan yang
bekerja di friends caffe bukan hanya
terampil tetapi juga terpercaya karena recruitment dilakukan dengan selektif.
Untuk meningkatkan kinerja karyawan, friends
caffe juga menjalani serangkaian training sehingga para karyawan memiliki
kemampuan dalam menjalankan usaha.
Semoga Bermanfaat ....
1 Comments
Semoga bermanfaat :)
ReplyDeleteBerkomentarlah dengan bijak seperti orang berpendidikan dan relevan sesuai artikel