Contoh Bisnis Plan



BAB I
PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang
Keadaan perekonomian yang tidak pasti di negara berkembang seperti Indonesia ini membuat mata pencaharian masyarakat tidak stabil sehingga memaksa masyarakat untuk lebih kreatif lagi  dalam membuka lapangan usaha atau membuka usaha sendiri untuk melangsungkan hidupnya sehingga pengangguran tidak terlalu meningkat. Berbeda dengan di negara-negara maju dimana masyarakat seperti kurang waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaannya. Kesibukan aktivitas yang begitu padat kadang membuat orang menjadi stress untuk berfikir lebih jernih dan tenang.
Keadaan serupa juga dialami oleh mahasiswa yang sedang menjalani masa perkuliahan guna untuk menambah wawasan dan ilmu yang dibutuhkan untuk masa depan.Sebagian mahasiswa suka belajar dengan suasana yang tenang dan sederhana dan yang pastinya sesuai dengan isi kantong mahasiswa.Tempat yang tenang dan suasana yang nyaman serta difasilitasi makanan dan minuman ini merupakan hal yang banyak disukai oleh mahasiswa apalagi mereka berada dalam masa kejenuhan dan yang pasti mahasiswa butuh hiburan. Hingga diperlukan tempat-tempat yang begitu tenang dan nyaman untuk menghapus semua kejenuhan dan tekanan hidup mereka. Sehingga muncullah sebuah ide kami untuk mendirikan sebuah friends Caffe seperti apa yang diinginkan pelanggan. Konsep yang akan saya terapkan adalah konsep perpaduan antara klasik dan modern sesuai dengan perkembangan zaman. Perpaduan antara klasik dan modern diharapkan dapat memberikan suasana yang baru dan menarik perhatian pelanggan untuk menikmati suasana caffe tersebut.
          Selain itu caffe ini tidak hanya untuk kalangan remaja atau mahasiswa saja , tetapi untuk semua tingkatan masyarakat umum. Selain tempat yang nyaman bagi pengunjung, menu-menu yang variatif juga menjadi andalan sebuah caffe dengan sajian menu yang variatif dan unik. Dengan berbagai jenis minuman diantaranya seperti minuman coffe, minuman coklat,dan beraneka ragam jus buah. Namun minuman yang menjadi andalannya sebuah caffe biasanya adalah aneka macam minuman coffe seperti Coffee Latte, Cappucino, Mochaccino dan lain sebagainya. Istimewanya minuman berbahan kopi ini terletak pada kopinya. Karena kopi yang dipilih adalah kopi Arabica dan Robusta yang masih berbentuk butiran dan akan ditumbuk dengan menggunakan mesin khusus sebelum kopi disajikan sebagai minuman. Tidak hanya itu di caffe ini tidak hanya menyediakan minuman tetapi juga menyediakan berbagai jenis makanan ringan dan juga ice cream. Jenis makanannya antara lain steak, beef sosis, sandwich dan sebagainya.Sudah dipastikan menu-menu yang akan  dinikmati mempunyai rasa standar kelezatan yang sama bila diolah oleh karyawan caffe yang berbeda, karena caffe ini mempunyai standart recipes dalam setiap makanan yang dibuat. Untuk dapat menikmati berbagai hidangan lezat yang variatif ini,menu-menu ini sangat relatif terjangkau. Kemudian tata ruang caffe ini dibangun gaya kuno dengan perpaduan beberapa sudut modern.
          Di caffe ini terdapat tiga  ruang yaitu ruang smoking, nonsmoking dan ruangan library caffe jadi pengunjung dapat memilihnya. Desainnya yang minimalis, tampak dari sofa dan beberapa bangku biasa serta mini bar yang mengesankan suasana khas tradisonal modern. Dengan demikian jika seseorang lebih berfikir kreatif dan inovatif dapat menciptakan peluang usaha yang baru.Selain itu juga juga difasilitasi free wifi.
1.2     Tujuan
Secara garis besar tujuan usaha caffe yaitu :
1.        Akan melayani segmen pasar masyarakat melalui makanan dan minuman yang disajikan dengan kualitas baik, higienis, dan sehat yang memiliki gizi standar dan makanan kesehatan yang dibutuhkan oleh setiap orang pada umumnya serta kebersihan sesuai dengan perusahaan berorientasi konsumen.
2.        Pembukaan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitarnya, terutama di kalangan ibu rumah tangga, dan di antara mahasiswa atau siswa yang membutuhkan pekerjaan sempingan untuk melanjutkan studi.
3.        Sebagai sarana pengelolaan modal sumber daya yang bertujuan untuk medapatkan keuntungan.
4.         Menyediakan tempat makan dan tempat nongkrong yang asik.
5.        Menyajikan menu makanan dan minuman dengan cita rasa yang berbeda.
6.        Menyediakan tempat belajar dengan suasana yang berbeda

BAB II
PEMBAHASAN
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ). Selanjutnya, lengkapi dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP ) untuk diajukan ke dinas perizinan, baik di kecamatan, kabupaten maupun provinsi.
2.1     Gambaran Umum Pasar
a.      Segmentasi
            friends caffe diperuntukkan bagi para muda-mudi, yakni pelajar, mahasiswa dan juga pekerja kantor, tapi tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat umum yang membutuhkan tempat refreshing yang dapat sekaligus sebagai tempat  mengerjakan pekerjaan dengan suasana nyaman dan santai. friends caffe ini dilengkapi dengan fasilitas free wifi, library cafe dengan beberapa paket menu makanan, live musik dan menyediakan ruang smoking dan nonsmoking.
b.       Targetting
          Target konsumen friends caffe adalah para anak muda, umumnya pelajar dan mahasiswa, pekerja kantor, termasuk juga masyarakat umum.


c.       Positioning
friends caffe menawarkan pilihan menu minuman dan makanan  yang istimewa seperi minuman coffe (Coffee Latte, black coffe, dan Mochaccino), minuman coklat,dan beraneka ragam jus buah selain itu juga dilengkapi dengan menu makanannya antara lain steak, beef sosis, sandwich dan sebagainya yang tidak kalah nikmat dengan harga yang terjangkau serta  pelayanan yang mengutamakan kepuasan pelanggan.
2.2      Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing
Strategi pemasaran perusahaan dilakukan berdasarkan analisa 7P dengan alat analisis SWOT yang terdiri atas :
1.             Product (Produk)
friends caffe menyediakan berbagai produk minuman dan makanan dengan rasa serta menu istimewa lainnya seperti : aneka juice buah, minuman hangat  seperti coffe & chocolate dengan berbagai rasa, macam-macam ice cream & kue, serta makanan dari makanan berat hingga ke cemilan.
2.             Price (Harga)
Penentuan harga dari friends caffe ditentukan dengan menyesuaikan biaya-biaya yang akan dikeluarkan serta ditekan sedemikian rupa dan juga disesuaikan dengan tingkat kemampuan rata-rata konsumen yang menjadi target pasar kami, sehingga harganya dapat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Harga setiap produk pun bervariasi yaitu sebagai berikut:
A.     Perhitungan harga jual untuk produk
Minuman : 
        Coffe Mocha  Rp.18.000,00
Coffe Lattee  Rp.17.000,00
Black Coffe   Rp.15.000,00
       Jus Buah      Rp. 12.000,00
           Ice cream    Rp. 15.000,00           
Makanan :
         Sandwich.     Rp. 21.000,00
        Beff sosis.       Rp. 15.000,00
       Steak kentang Rp. 18.000,00
B.  Perkiraan harga bahan baku(biaya tidak tetap)
1.    Buah                Rp. 120.000,00
2.    Sayuran          Rp. 100.000,00
3.    Susu                 Rp. 130.000,00
4.    Kopi                 Rp. 200.000,00
5.    Cream             Rp.   75.000,00
6.    Coklat             Rp. 150.000,00
7.     Gula               Rp. 100.000,00
8.    Sirup               Rp. 110.000,00
9.     Daging           Rp. 250.000,00
10.     Kentang       Rp. 60.000,00
11.     lain-lain       Rp. 200.000,00
C.     Biaya tetap
1. Gaji pegawai                                                 Rp. 5.000.000,00
2. Sewa tempat                                                   Rp. 1.500.000,00
3. Perawatan peralatan                                 Rp. 200.000,00
4. Penyusutan alat listrik dan telephone        Rp. 300.000,00
5. Air                                                                 Rp. 150.000,00
6. Lain-lain                                                        Rp. 500.000,00
Jadi, total biaya keseluruhan Biaya tidak tetap di tambah biaya tetap :

 Rp. 1.495.000,00+Rp. 7.650.000,00 = 
Rp 9.145.000,00
3.             Promotion (Promosi)
Langkah – langkah promosi untuk memperkenalkan cafe ini  dilakukan dengan cara :
1.Menyebarkan brosur ke kantor, sekolah dan kampus.
2.Melalui baliho dan poster-poster.
Pemasaran yang dilakukan friends caffe untuk sementara waktu hanya akan berpusat pada kota padang dan sekitarnya.
4.             Place (Lokasi)
Lokasi friends caffe terletak di jalan raya lubuk begalung, yang merupakan jalan padat lalu lintas dan dekat dengan kampus UPI YPTK padang .
5.             Process (Proses)
Ada sejumlah proses bisnis yang dilaksanakan oleh friends caffe. Pihak eksternal yang terlibat dalam proses bisnis di friends caffe adalah : 
a.Pelanggan (Customer). Pelanggan friends caffe yang datang untuk membeli produk dan mendapatkan pelayanan.
b.Pemasok (Supplier) bahan baku, perlengkapan dan peralatan. 
6.             Promise
friends caffe berusaha menawarkan makanan dan minuman serta tempat refreshing yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung.
7.             People
Karyawan yang bekerja di friends caffe bukan hanya terampil tetapi juga terpercaya karena recruitment dilakukan dengan selektif. Untuk meningkatkan kinerja karyawan, friends caffe juga menjalani serangkaian training sehingga para karyawan memiliki kemampuan dalam menjalankan usaha.

Semoga Bermanfaat ....













Post a Comment

1 Comments

Berkomentarlah dengan bijak seperti orang berpendidikan dan relevan sesuai artikel